Komodo Dragon Island



Pulau komodo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat, sebelah barat Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape dengan luas 1.817 km2.

Pulau Komodo merupakan Taman Nasional  yang kemudian diakui UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada 1986. Pulau ini merupakan satu-satunya didunia sebagai habitat Komodo atau biasa disebuat "Komodo Dragon". WWF dan Conservation International mengidentifikasi sebagai sebuah kawasan prioritas konservasi global. Pengakuan tersebuat merupakan hasil kerja keras Pemerintah Indonesia dan warga di pulau komodo, merawat dan melestarikan.

Varanus Komodoensis merupakan nama latin komodo, penduduk setempat menyebutnya "Ora" mempunyai pajang tubuh sekitar 2-3 meter dengan berat berkisar 70-100 kilogram. Populasi komodo mencapai 2500 ekor. Komodo hidup di hutan tropis yang rendah, panas dan kering. Komodo membuat lubang 1-3 meter untuk sarangnya pada malam hari. Reptil ini pemakan daging (karnivora), lidahnya merupakan indra penciumanya, dalam jarak 9 kilometer komodo dapat mengetahui bangkai magsanya ,gigi komodo mengadung bakteri yang mematikan dan cakarnya yang sangat tajam.
Komodo dapat berlari 20 km/jam dengan jarak pendek, reptil ini juga dapat berenang, memanjat, bahkan menyelam, waw....  luar biasa reptil yang satu ini.

Komodo pertama kali diperkenalkan oleh  Peter A. Ouwens pada tahun 1912 lewat  harian nasional Hindia Belanda, Peter A. Ouwens adalah direktur Museum Zoologi di Bogor. Setelah banyak orang tahu keberadaan komodo, maka perburuan terus terjadi, maka pada tahun 1915 pemerintah hindi belanda mengeluarkan larangan pemburuan terhadap komodo.

Pulau komodo memiliki ribuan jenis trumbu karang dan berbagai macam spesies ikan, juga pantai yang indah.
Pulau komodo masuk sebagai finalis "New 7 Wonders of Nature"  atau 7 keajaiban dunia. Ayo dukung pulau komodo, agar menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia (vote).
Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga akan segala keindahan alam, budaya, kesenian dan beraneka ragam suku juga bahasa.