Sin cia


Sin cia atau Imlek sama seperti tahun baruNasional dan tahun baru Hijriah, arti dari kata sin cia adalah sin=baru cia=bulan pertama (penulisan yang benar Sin Cnia) kata ini berasal dari bahasa hokkian.

Sudah menjadi tradisi sin cia, warna merah, kue keranjang, jeruk/bauh-buahan makan bersama keluarga (pada malam sebelum sin cia), kue-kue atau manisan dan tidak ketinggalan ang pau (amplop merah).
Sin cia tahun 2010 jatuh pada tanggal 14 februari, hari minggu (2561)


 Makan malam sebelum sin cia mempunyai makna kebersamaan keluarga, makan malam ini dihadiri oleh semua keluarga, seperti kakek, nenek, bapak, ibu, anak, menantu, cucu, sampai cicit semua berkumpul untuk makan malam bersama.



Ang pau biasanya diberikan oleh orang yang lebih besar/sudah menikah kepada yang lebih kecil/belum menikah, penerima ang pau harus mengucapakan " Gong Xie Fa Chai " yang artinya semoga mendapatkan rejeki/kemakmuran (pengertian umum) dengan kedua tanggan dikepal diatas dada, kemudian ang pau pun datang  :)


Sin cia juga bukan sekedar kebersamaan dengan keluarga saja, tapi juga kebersamaan dengan sanak saudara dan teman dengan saling berkunjung dan dikunjungi.
Sin cia berlangsung selama 15 hari(cap go meh), pada malam cap go meh ada makan bersama lagi dan para keluarga besar berkumpul kembali, malam cap go meh menandakan malam terakhir dari perayaan sin cia.

Menurut saya sin cia adalah waktunya untuk kebersamaan dengan keluarga , sanak keluarga dan teman, setelah satu tahun kita semua sibuk dengan aktifitas kita masing-masing, semoga dengan perayaan sin cia ini kebersama, kerukunan, dan kedamaian  selalu ada untuk bangsa Indonesia tercinta......

Akhirnya saya ingin mengucapkan "Gong Xie Fa Chai" bagi mereka yang merayakannya.

4 komentar:

Nova Imoet mengatakan...

gong si pa cai...

goceng mengatakan...

sin cia jui.........ang pau lay

link sudah terpasang juga cek ya

andy budiono mengatakan...

Gong xi fa cai....Happy Chinnese New Year.

Sebuah Catatan mengatakan...

"Gong Xie Fa Chai" semuanya nanti ang pau nya nyusul yah......

Goceng, oke nanti saya berkunjung kesana :)

Nova Imoet, goceng, Pulsa Rezeki, thx yah dah mau mampir....