Anak dengan dunianya

Anak-anak, apa sih yang mereka inginkan?
mereka hanya ingin bermain dan bermain, itulah dunianya seorang anak. Saya bukan seorang pakar dibidang anak atau pun seorang ayah, tapi saya pernah menjadi seorang anak-anak.

Seorang anak tidak membutuhkan materi yang berlebihan, anak hanya butuh teman bermain, teman berbicara, teman mengaduh, terkadang orang tua tidak bisa menjadi seorang teman untuk anaknya. Orang tua terkadang hanya berpikir bahwa membiayai semua kebutuhan sianak dan menjaga (membuat larangan-larangan) semuanya sudah "beres", jika sianak berbuat salah orang tua hanya bisa marah-marah atau memukul sianak.
Karekter anak akan terbentuk sendiri dari apa yang mereka rasakan dan lihat.

Jadilah teman untuk anak-anak anda, bermainlah dengan sianak, dengakan sianak bicara, satukan rasa dengan sianak, jangan membentak-bentak atau memukul waktu sianak salah, berilah pengertian dengan cara yang lembut, bukan berarti anda menajakan sianak tapi berikan pengertian sebab dan akibat dari apa yang dilakukannya.

Anak-anak tidak sama cara berfikirnya dengan orang dewasa, terkadang orang dewasan memaksakan sianak untuk berfikir sama, anak-anak hanya berfikir yang sederhana. Teriakan atau pukulan yang diterima oleh anak akan berdampak fatal, anak akan cederung menjadi nakal atau pendiam.
Sudah terikan dan pukulan diterima oleh anak ditambah dengan tontonan sintron di tv yang tidak bermutu untuk anak, video game yang bisa disewa perjam, lengkap sudah racun yang masuk dikepala anak-anak.

Anak-anak sekarang cenderung lebih agresif, karena faktor-faktor diatas tadi. Sekali lagi jadilah teman untuk anak anda, mengertilah bahwa dunia anak-anak adalah bermain dan bermain, arakan mereka untuk bermain yang positif, satukan rasa anda dengan anak anda, perhatian adalah faktor utama yang dibutuhkan seorang anak.

Saya hanya nenulis ini berdasarkan apa yang saya liat dan alami, maaf jika ada yang tidak berkenan atau salah dalam tulisan saya, mohon dikoreksi jika ada yang tidak benar dalam tulisan saya ini. Saya mencoba untuk berbagi dengan teman-teman.

0 komentar: