Facebook dan Pisau

Facebook, siapa yang tidak tahu...... jejaring sosial yang satu ini sangat populer disemua kalangan dari pelajar, pekerja, ibu rumah tangga, yang kaya sampai yang miskin pun tahu apa itu facebook.

Kepopuleran facebook tidak dapat diragukan lagi, facebook dapat mengalakan begitu banyak jejaring sosial lainnya, seperti friendster, twitter, myspace, yahoo messenger, sampai mrc yang dulu begitu ngetren. Lihat saja semua hand phone yang terbaru, pasti memberikan aplikasi Facebook.

Facebook membuat semua orang terpana pada komputernya atau hand phone berjam-jam. Begitu banyak fitur yang diberikan facebook bagi pemakainya, dari berbagi foto, update status, video, group, game, pesan, chatting, begitu lengkap.

Indonesia termasuk lima besar pengguna facebook terbanyak, kebanyakan penggunanya adalah para remaja.
Facebook diumpamakan  sebagai pisau, jika pisau digunakan untuk fungsinya akan sangat berguna, tapi jika tidak digunakan sebagai fungsinya akan sangat membahayakan, demikian juga dengan facebook.

Kita lihat kejadian-kejadian yang belakangan terjadi, adanya penculikan yang berujung pemerkosaan, penghinaan kepada seseorang yang berakibat hukuman penjara, penjualan wanita, aliran-aliran sesat, bunuh diri bersama, sampai pembunuhan, sangat berbahaya jika facebook disalah gunakan.

Sisi positif dari facebook pun bisa kita rasakan, kita bisa berjumpa dengan kawan-kawan lama, berkomunikasi melalu chat/pesan dengan sanak saudara atau teman yang berada jauh, membantu sesama yang tertimpa musibah, menpromosikan barang atau jasa, mencari teman-teman baru,membuat group untuk reuni,memberikan ucapan selamat, dan banyak lagi.

Tidak bisa dipungkiri lagi facebook menjadi sangat berguna dan sekaligus menjadi sangat membahayakan, tapi semua itu kembali lagi kepada para penggunanya masing-masing. Banyak hal yang dapat mengundang orang-orang yang mempunyai niat tidak baik, seperti mengupload foto yang memperlihatkan aurat, menerima pertemanan orang yang tidak ada mutual friends(teman yang sama), mengikuti group-group yang tidak wajar, memberi nomor telepon/alamat rumah kepada orang yang tidak kita kenal, menerima ajakan bertemu dengan orang yang kita tidak kenal, dan hal-hal lainnya.

Saya cuman berpesan, gunakanlah facebook dengan baik dan sebagaimana fungsinya, jangan berlebihan, bagi para orang tua, awasi putra - putrinya dalam menggunakan facebook. Bijaksanalah dalam menggunakan semua jejaring sosial, jadikalah bermanfaat bagi kita.

2 komentar:

Pulsa Rezeki mengatakan...

semua ada kelebihan dan kekurangan...gmana cara menangapi dan menjalankan dengan bijaksana

Sebuah Catatan mengatakan...

@pulsa rezeki: minimalkan kekuragan dan maksimakan kelibahannya, thx pulsa rezeki dah mampir.