Mouse berevolusi

Mouse bagian terpenting dari sebuah komputer, coba bayangkan jika mouse tidak pernah ditemukan!! "wa..h bakalan ribet kalau pake komputer, setujukan sob"

Douglas Engelbart
Ini sejarah singkat tentang mouse.
Douglas Engelbart yang lahir tahun 1925 diOregon,Pacific Northwest,Amerika Serika ini menemukan ide untuk membuat sebuah alat yang dapat mempermudah dalam penggunaan komputer. Kurang lebih tahun 1960 Douglas memgembangkan alat itu, dan sampai pada tahun 1980 benda yang diberi nama "Mouse" atau "Tetikus" (dalam bahasa indonesia) dipublikasika.







Setelah mengetahui sejarahnya dan penemunya mouse, kita lihat seperti apa sih mouse itu berevolusi, baik bentuk dan  fungsinya.

Mouse "Pertama"

Mouse ini terbuat dari blok kayu, menggunakan satu tombal dan belum menggunakan trak ball. Inilah cikal bakal mouse yang kita gunakan sekarang.












Xerox 8010 Information System
Mouse buatan Xerox perusahaan yang juga membuat mesin fotocopy ini, untuk harga sebuah mouse buatan Xerox ini kita harus mengeluarkan kocek sebesar $16,595  itu harga pada tahun 1981.











Hawley X063X

Mouse buatan IBM, dibuat dua versi. Versi tombol 2 dan 3 tombol, mouse ini dibandrol dengan harga $195 untuk 2 tombol sedangkan  3 tombol $400, pada tahun 1983










Apple Lisa
Pada tahun 1983, Apple juga tidak mau kalah, Apple mengelurakan "Aplle Lisa" dengan harga $9,995, masih murah dibandingkan buatan Xerox (tapi tetap aja mahal juga yah sob)








Cordless MouseMan
Logitech pelopor pertama yang membuat mouse tampak kabel yang disebuat "Cordless MouseMan" .
Mouse ini mengunakan frekuensi radio, tapi masih tetap menggunakan tiga tombol.










ProAgio Mouse
ProAgio perusahaan pertama yang membuat mouse dengan menganti tombol tengah mouse menjadi scroll (roda yang dapat maju-mundur dengan memggunakan jari).
Scoll sangat berguna, kita bisa melihat sebuah halaman atas dan bawah dengan mudah atau men-zoom gambar.
Harga sebuah mouse ini  $49.99 untuk sebuah mouse pabrikan ProAgio pada tahun 1995.






Itulah masa-masa perubahan mouse dan menjadi dasar teknologi mouse yang sekang kita gunakan, tetapi para pebisnis mouse terus mempercantik mouse dan menambah fitur-fitur baru pada mouse.
Pada abad 20 ini banyak  perusahaan atau pun individual terus menciptakan design  yang menarik, dari yang klasik, unik hingga full teknologi.

Choco Wireless Mouse
Choco Wireless Mouse
Mouse dengan bentuk chocolate, tapi rasanya apa  chocolate yah ???














Contact Lens Mouse
Contact Lens Mouse
Mouse contact lens, kebayang ngak kita bisa gerakin kursor mouse dengan mata, contact lens yang dimasukan kemata ini memiliki sensor yang  terhubung dengan komputer.
Contact Lens Mouse ini baru sebuah konsep dan masih dalam penggembangan.








Diamond Mouse
Diamond Mouse
Ini mouse termahal didunia, harga £16,200.00.
Mouse bertaburkan diamond.











Blow-up Mouse
Blow-up Mouse
Kalau mau menggunakan mouse ini harus ditiup dulu yah.......















Steampunk Furnace Mouse
Steampunk Furnace Mouse

Mouse dengan bentuk klasik, sangat unik. Mouse Steampunk Furnace terbuat dari tembaga dan kayu sehingga terlihat unik dan klasik. Untuk harga sebuah mouse unik ini berkisar $700.
















Moldable Mouse
Moldable Mouse
 Mouse yang satu ini sangat fleksibel, bentuk mouse dapat disesuaikan dengan keinginan kita. Mouse Moldable di design oleh Lite- On. Pada tahun 2007 mouse ini mendapat penghargaan Red Dot Design Award dalam kategori Produktivitas dan pekerjaan.












Masih banyak lagi Mouse-mouse dalam berbagai bentuk dan penabahan fitur, tapi pada dasarnya tetap menggunakan konsep Douglas Engelbart. Pengetahuan sangat berkembang pesat, semoga pengetahuan yang kita dapat digunakan dengan  tujuan baik .
berbagai sumber

2 komentar:

Oby Syam mengatakan...

wkwkkwkw
ini mouse ku cuma 35 rebu,,,,
untung dulu aku belum punya komputer :p

mousenya ja segitu
gimana komputernya ("~_~)a......
mampir balik yah
http://zona-ketawa-kita.blogspot.com/

Sebuah Catatan mengatakan...

Mouse ori mahal sob, kia pake yang biasa aja.

Thx, kunjungannya sob, oke segera tak mampir zoma ketawa.....