Pendaki Gunung Masuk Kawah Mendidih

Dia nekat turun menggunakan tali, mengenakan baju anti-api dan tabu

 
Aksi Drew Bristol, pendaki nekat di Gunung Marum (Daily Telegraph-Youtube)
Aksi ekstrim pendaki bernama Drew Bristol ini direkam seorang ahli gunung berapi, Geoff Mackley, di Gunung Marum. Lokasi gunung ini terpencil di Pulau Ambrym di Pasifik Selatan, sekitar 640 kilometer dari Australia.

Bristol mendirikan tenda yang berjarak 500 meter dari bibir gunung. Dia nekat masuk ke kawah berbahaya itu menggunakan tali, mengenakan baju anti-api berwarna perak dan memakai tabung oksigen untuk membantunya bernafas.

Sebagian orang tak yakin bahwa rekaman ini nyata. Namun kepada Daily Mail, Mackley menyatakan bahwa rekaman itu sama sekali tidak direkayasa.

"Bagaimana mungkin saya berkeliling dunia untuk merekam gunung berapi dan gempa bumi, lalu kini saya membuat rekaman palsu," kata Mackley. "Apa yang Anda lihat adalah nyata." Mackley menjelaskan, ia menggunakan lensa-tele sehingga Bristol terlihat lebih dekat dengan lava dari jarak yang sebenarnya. "Jaraknya sekitar 100 meter dari permukaan lava, yang tentunya cukup dekat sehingga ia harus memakai pakaian khusus."

Mackley yang kini berusia 44 tahun mengklaim telah merekam bagian dalam dari lusinan gunung berapi dengan kategori 'mematikan' di seluruh dunia. Ekspedisi ini, tambah Mackley, telah direncanakan selama 10 tahun.
Mackley dan timnya berencana kembali ke Gunung Marum dalam beberapa bulan ini untuk merekam kawah gunung dari jarak yang lebih dekat


video


vivanews

0 komentar: