" Travel Advisory "

Malaysia ancaman pemberlakuan travel advisory bagi warga.

SHUTTERSTOCK
 Lagi-lagi Malaysia membuat geram bangsa kita, setelah masalah kebudayaan kita diakui, lagu-lagu kita diakui, TKI kita diperlakukan buruk, sekarang Malaysia akan memberlakukan travel advisory bagi warganya.

Menlu Malaysia Anifah Aman menyatakan, jika perlu akan mengeluarkan travel advisory terkait dengan kian maraknya aksi demo yang dilakukan masyarakat Indonesia terhadap kedutaan maupun konsulat negara itu. Anifah memperingatkan, pihak Malaysia tidak akan menoleransi lebih lama lagi jika aksi terus berlangsung.

 "Tindakan itu sangat berlebihan. Kita berharap Malaysia tidak melakukan tindakan provokatif," Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Saan Mustopa kepada wartawan di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Kamis (26/8/2010) dan Saan Mustopa juga menambakan "Malaysia juga harus menghormati kedaulatan wilayah Indonesia dengan tidak memancing-mancing ketegangan di kawasan Tanjung Berikat, Pulau Bintan, di Provinsi Kepulauan Riau tersebut"

"Jangan sedikit-sedikit perang. Tidak semudah itu untuk mengambil keputusan perang," ucap Komisi VI DPR Sutan Batoeghana, menyatakan tidak setuju kalau masyarakat Indonesia langsung mengancam untuk perang dengan Malaysia. Menurut dia, terlalu berlebihan kalau ada unsur masyarakat yang menuntut pemerintah untuk menyatakan perang dengan negara tetangga itu.






Terkait dengan penangkapan tiga perwira maritim Indonesia, Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk Seri Anifah Aman mengatakan "Saya merasa tidak perlu meminta maaf jika petugas tersebut diborgol. Saat seseorang berada di Malaysia, maka dia harus mengikuti hukum kita," seperti dikutip Thestaronline.com, Jumat (27/8/2010).

Sebaliknya, Indonesia menurut Anifah juga tidak perlu merasa repot-repot berusaha meminta maaf atas insiden pelemparan kotoran manusia di kantor Kedutaan Besar Kerajaan Malaysia.

Anifah juga menjelaskan, Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak mengatakan dia kecewa atas insiden tersebut. Oleh karenanya dia meminta rakyat Malaysia untuk tidak bertindak serupa yang dilakukan masyarakat Indonesia atas negaranya.

"Masyarakat Malaysia itu rasional. Kami meminta agar semua tenang, agar masalah ini bisa diselesaikan dengan damai," tambahnya.

Anifah pun meminta agar pemerintah Indonesia menyelesaikan permasalah ini agar tidak terulang lagi. Dia pun meminta media Indonesia agar tidak mengompori permasalahan ini.

Sekarang bagaimana kita sebagai Bangsa Indonesia menyingkapi masalah ini. Indonesia Bangsa yang besar, kaya dan penuh  beraneka ragam kebudayaan, jadi berbanggalah kita sebagai Bangsa Indonesia.


kompas

0 komentar: