Bunuh diri Plaza Medan Fair

Seorang Wanita Bunuh Diri di Plaza Medan Fair


Seorang wanita tewas mengenaskan setelah nekat terjun bebas dari lantai empat Plaza Medan Fair, Medan, Sumatra Utara, Ahad (25/4) pagi. Untuk menutupi peristiwa ini, petugas keamanan Plaza Medan Fair langsung mengevakuasi jenazah wanita keturunan Thionghoa ini ke basement sebelum polisi tiba di lokasi kejadian. Bahkan, ceceran darah dibersihkan. Sejumlah wartawan yang mencoba meliput juga dihalang-halangi hingga berujung keributan.

Aksi pengelola plaza untuk menutupi kasus ini tak berhenti sampai disitu. Jenazah wanita yang diperkirakan sekitar 32 tahun ini juga berusaha disembunyikan. Namun, polisi yang datang kemudian mengejar mobil pembawa jenazah tersebut. Keributan pun kembali terjadi. Aparat Kepolisian Sektor Medan Baru ribut dengan petugas keamanan yang berkeras membawa jenazah ke rumah sakit. Padahal polisi belum melakukan penyelidikan di lokasi kejadian.

Setelah bersitegang beberapa saat, jenazah dibawa kembali ke lokasi kejadian. Suasana ini kembali membuat geger pengunjung plaza yang mulai terlihat memadati pusat perbelanjaan ini. Seorang sakti mata menuturkan, wanita dengan ciri-ciri rambut pirang serta berkulit putih tersebut tewas setelah meloncat dari lantai empat sekitar pukul 10.00 WIB saat plaza baru dibuka.

Wakil Kepala Polsek Medan Baru Inspektur Satu Gunawan mengatakan, sejauh ini pihaknya masih mengumpulkan bukti terkait motif dibalik aksi bunuh diri wanita tanpa identitas itu. Dia mengaku kesal dengan sikap pengelola plaza yang mengabaikan hak polisi dalam menyelidiki kasus ini. Untuk kepentingan penyelidikan, jenazah korban dibawa ke rumah Sakit Pirngadi untuk diotopsi.

Hingga kini, belum ada keterangan resmi dari pengelola Plaza Medan Fair. Sementara berdasarkan catatan Polsekta Medan baru, aksi bunuh diri dari lantai empat plaza ini sudah dua kali terjadi dalam lima bulan terakhir. Sebelumnya pada akhir Desember 2009 silam, seorang pria meski tidak sampai meregang nyawa setelah loncat dari lantai empat.


Bunuh Diri di Mal, Tujuh Orang Diperiksa

Kepolisian Sektor Medan Baru, Medan, Sumatra Utara, hingga Ahad (25/4) petang masih menyelidiki kasus bunuh diri seorang wanita pengunjung Plaza Medan Fair. Sedikitnya tujuh saksi dimintai keterangan. Dari lokasi kejadian, rekaman closed circuit television (CCTV) disita petugas.

Dalam video tersebut terlihat wanita yang hingga kini belum diketahui identitasnya tersebut meloncat dari lantai empat dengan cara memanjat ke atas pagar pembatas lantai gedung. Kapolsekta Medan Baru Ajun Komisaris Polisi Muhammad Yoris Marzuki mengatakan pihaknya masih terus menyidik demi mengungkap identitas korban dan latar belakang aksi nekatnya.

Selain tujuh saksi dari petugas keamanan Plaza Medan Fair dan pengunjung yang kini sudah diperiksa, kepolisian juga akan memanggil sejumlah saksi lain untuk dimintai keterangan seputar perbuatan pengelola plaza yang merusak lokasi kejadian dengan mengangkut jenazah sebelum polisi menyelidiki tempat itu.

Yoris juga berharap setiap keluarga yang merasa kehilangan anggota keluarganya agar mengecek ke Rumah Sakit Pirngadi, Medan, untuk mengenali wanita dengan ciri-ciri berbaju kaos berwarna merah muda, bercelana putih ukuran 3/4, keturunan Tionghoa, berambut pirang, dengan usia diperkirakan sekitar 25 hingga 30 tahun.

Sementara itu, Manajer Operasional Plaza Medan Fair Lina, usai dimintai keterangan mengaku pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan internal, termasuk perbuatan petugas keamanan yang telah menyalahi prosedur hukum tanpa melakukan koordinasi dengan petugas kepolisian dan langsung mengevakuasi jenazah.

Seperti diketahui, aksi terjun bebas wanita tanpa identitas ini terjadi pagi tadi di saat Plaza Medan Fair baru buka [baca: Seorang Wanita Bunuh Diri di Plaza Medan Fair]. Situasi tersebut sempat membuat geger pengunjung yang mulai.

liputan6

0 komentar: